Generasi Muda Berintegritas Anti Korupsi


Materi 4 : Prof. Dr. Haryono Umar,
SE., Ak., M.Sc., 


Indonesia di kenal dengan Negara maritim, bukan petani. Indonesia memiliki kekayaan yang luar biasa. 90% perdagangan dunia melewati lautan Indonesia. Kekayaan Indonesia merupakan milik kita semua. Indonesia mengolah minyak sejak 1981, dan 70% Indonesia adalah lautan. 

Indonesia setelah di satukan dengan Majapahit. Artinya, generasi kita adalah generasi dunia. Generasi selanjutnya harus memiliki skill pada dirinya. Pengetahuan tanpa skill itu tidak ada gunanya. Seperti, tanpa memiliki skill kita tidak bisa bekerja. Itulah yang di sebut dengan "Kualitas". 

Hal ini menyebabkan banyak kerugian sebanyak 8,32 Triliun. Akibat dari penghianatan ini terjadi pada anak-anak yang kurang mampu yang memiliki niat dalam menempuh pendidikan.

Tak hanya itu, mahasiswa generasi selanjutnya juga harus memiliki akidah atau perilaku. Karakter nilai independensi atau ke netralan juga perlu di terapkan pada mahasiswa generasi anti korupsi. Negara memiliki generasi yang hebat. Jika ada yang mengambil hak negara kita sebagai generasi anti korupsi harus MARAH, jangan pernah diam ketika banyak koruptor. 

Korupsi terjadi karena adanya kesempatan (opportunity) , tekanan (pressure), kebenaran (rationalization), integrity, 
capability. Selain itu di sebabkan dengan kewenangan. Hanya orang" terpilih yang memiliki kewenangan dan kedudukan tinggi. 

Korupsi dimulai dengan adanya "KESALAHAN", kesalahan sendiri terbagi menjadi dua yaitu : 
 • Kesalahan yang di sengaja : kesalahan yang memiliki unsur      menstrea, atau yang di sebut dengan niat jahat, atau criminal. 
 • Kesalahan yang tidak di sengaja : kesalahan yang tidak ada niat untuk melakukan kesalahan tersebut, dan kesalahan ini di sebut dengan kelalaian. 

Kejahatan korupsi memiliki banyak arti, yang dapat di lihat dari sudut pandang luas dan sudut pandang sempit 
. Sudut pandang luas memiliki arti dimanan semuanya kita anggapa korupsi. Sedangkan, sudut pandang sempit memiliki arti yang bahwa sudut pandang yang di lihat secara legal. 

Kejahatan pun di bagi menjadi dua macam, yakni : 
> Kejahatan khusus : 
Kejahatan yang sudah di terapkan di undang-undang khusus. Contohnya, kejahatan KORUPSI
> Kejahatan umum : 
Kejahatan ini kejahatan yang di sebabkan oleh niat. Contohnya, kejahatan MEMBUNUH

Generasi Selanjutnya juga harus menerapkan "Skeptis" yang beratti tidak mudah percaya dengan berita yang belum benar atau tidak ada data dan faktanya. 

Korupsi itu dimulai dari hal kecil, seperti korupsi waktu. Jadilah orang yang berintegritas, karena kebahagiaan hanya ada pada orang yang berintegritas.


Link teman baru mahasiswa : SalarasIndahPutri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Registrasi Administrasi Keuangan Dan Pengenalan Sistem Informasi Akademik

Pancasila Sebagai Dasar Pembangunan Indonesia Emas

Blessed Ramadhan