Sosialisasi Learning Management System Dan Sistem Informasi

 


Materi 9 : Direktorat SI

LMS atau learning management system perangkat lunak (aplikasi) yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran. LMS ini memiliki beberapa fungsi yang menarik. Fungsi LMS yaitu dapat membantu para pengajar atau dosen untuk merencanakan dan membuat silabus, mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas perkuliahan mahasiswa, mengelola nilai, merekapitulasi presensi kehadiran, berdiskusi ataupun melakukan evaluasi pembelajaran.

Tidak hanya fungsi, LMS juga memiliki beberapa keuntungan belajar bagi yang menggunakannya. Keuntungan belajar dengan memanfaatkan LMS, sebagai berikut :

Terintegrasi dengan SIM Akademik
Waktu belajar jadi lebih efislen karena pembelajaran online dapat diakses di mana saja dan kapan saja.
Memudahkan aktifitas kuliah seperti tugas, upload materi, diskusi Interaktif.
Mempermudah dosen untuk mengumpulkan dan menganalisis data hasil perkuliahan mahasiswa dengan waktu yang lebih singkat. 
Metode pembelajaran LIMS yang menggunakan beberapa teknologi. 
Informasi berupa gambar, suara, animasi, video, dan teks membuat mater pembelajaran lebih mudah dipahami dan tidak membosankan.
Mendorong mahasiswa untuk melakukan pembelajaran mandiri.
E-Sorogan merupakan salah satu situs  yang digunakan di dalam LMS ini, yang dimana ada beberapa fitur didalamnya. Seperti, jadwal perkuliahan, perkuliahan online, perkuliahan offline, presensi kehadiran, materi, penugasan, forum diskusi, dan ujian online.

Fitur perkuliahan online dan perkuliahan offline terdapat beberapa perbedaan. Diantaranya, perkuliahan online sebagai akses fleksibel terhadap kuliah online, meningkatkan keterlibatan dengan materi, dan menyediakan rekaman untuk revisi. 

Sedangkan di dalam perkuliahan offline, sebagai prasarana secara langsung dengan dosen dan teman, diskusi langsung dalam kelas, pemanfaatan fasilitas kampus maksimal, dan aktivitas fisik yang lebih banyak dilakukan. 

Fasilitas Mahasiswa UNUSA, unusa menyediakan beberapa fasilitas. Diantaranya, akses internet, layanan SIM ortu, helpdesk, virtual private network (VPN), transaksi pembayaran online, google suite akun @student.unusa.ac.id

Google Workspace for Education adalah layanan Google yang disesualkan bagi dunia pendidikan untuk belajar dan bekerja secara kolaboratif. 

Google Workspace for Education UNUSA menyediakan layanan aplikasi untuk membantu proses belajar dan mengajar, seperti, Classroom, Google Meet, Google Dokumen, Google Formulir, serta Google Chat, Emall. Layanan ini dapat dimanfaatkan selama menjadi mahasiswa aktif di UNUSA, dan akun akan dinon-aktifkan 6 bulan setelah mahasiswa dinvatakan LULUS.


Akun Sistem Informasi Bagi Mahasiswa UNUSA : 

Calon Mahasiswa Baru Wajib melakukan Pernyataan Kebenaran  Verifikasi Data pada web aplikas| Penerimaan.
Calon Mahas|swa Baru akan memperioleh Nomor Induk Mahasiswa. 
Calon Mahasiswa Baru akan memperoleh Akun Sistem Informasi melalui laman web aplikasi https://pkkmb.unusa.ac.id pada modul data dan informasi.


Link teman mahasiswa baru : SalarasIndahPutri


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Registrasi Administrasi Keuangan Dan Pengenalan Sistem Informasi Akademik

Pancasila Sebagai Dasar Pembangunan Indonesia Emas

Blessed Ramadhan