Pancasila Sebagai Dasar Pembangunan Indonesia Emas

 


Materi 8 : Ema Umiyyatul Chusnah, S.T., M.M.Pd (MKRI)


Bonus tantangan menuju indonesia emas.

Badan pusat statistik menyebutkan bahwa indonesia sedang meminta bonus demografi dengan besarnya jumlah penduduk yang pada masa usia produktif , yaitu 15 hingga 64 tahun meningkat.

Menggali kembali maka nilai-nilai dari pancasila sebagai pondasi dan semangat awal memerangi redikalisme dan menuju indonesia emas.

Pendalaman karakter manusia indonesia yang berdasarkan pada nilai2 pancasila akan menjadi tameng yang cukup kuat untuk menangkal paham-paham radikalisme.

Peran NU dalam Membangun Moralitas Bangsa Menuju Indonesia Emas.
Nasionalisme kemanusiaan yang dikembangkan oleh NU ialah paham kebangsaan yang memberikan pengakuan kepada seluruh elemen bangsa yang terdiri atas suku , agama , ras , dan antar golongan yang berbeda untuk berpartisipasi aktif dalam melaksanakan hak dan kewajiban berdasarkan pancasila.

Nasionalisme kemanusiaan diwujudkan melalui kegiatan dakwah dan pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dalam meneguhkan dan menyebarkan pemahaman aswaja sebagai pilar penguatan adaptasi, integrasi , pencapaian tujuan dan pemeliharaan tatanan sebagai bangsa yang berdaulat.

Dalam mengimplementasikan nasionalisme kemanusiaan. NU menerapkan prinsip dasar yaitu : 
1. Tawazun (keseimbangan)
2. Tasamuh (toleran)
3. Tawasut (moderat)
4. I’tidal (adil)
Dalam berbagai sektor kehidupan berbangsa dan bernegara.



Link teman mahasiswa baru : SalarasIndahPutri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Registrasi Administrasi Keuangan Dan Pengenalan Sistem Informasi Akademik

Blessed Ramadhan