Resume Kesehatan Migran dan Tantangan Generasi Muda dalam Era Digitalisasi


31 Agustus 2023
 

   Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Unusa




Surabaya- (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker) dan perguruan tinggi berperan dalam meningkatkan kompetensi para calon pekerja migran, dikarenakan setiap generasi muda perlu menguasai teknologi masa kini. Hal ini disampaikan dalam kuliah pakar dan visiting profesor dengan tema Migran Health dan Human Rights, selasa (29/08).

   Hindun Anisah staff khusus Kemnaker RI mengungkapkan bahwa saat ini yang dihadapi generasi muda terkait dengan digitalisasi yang menambah disegala aspek dunia pekerjaan serta diera digital telah mengubah lahan pekerjaan ke adopsi teknologi digital yang semakin luas. Namun, perlu ditingkatkan supaya bisa sejajar dengan perkembangan.

   Motivasi dan dorongan sangat penting untuk generasi muda agar dapat menguasai teknologi sehingga mereka dapat membuka pasar kerja yang semakin terdigitalisasi. Salah satu pendekatan yang diusulkan Kemnaker adalah memastikan bahwa para calon pekerja migran memiliki kompetensi yang memadai sebelum berangkat ke luar negeri.

   Kemnaker RI bekerja sama dengan Perguruan Tinggi untuk bekerja di lapangan internasional dengan perusahaan luar negeri terkait dengan perlindungan pekerjaan sesuai Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

   Sekitar 300 migran dalam berbagai negara berada didaerah Puspa Agro dengan status tidak jelas serta tidak memiliki identitas resmi sehingga tidak bisa bekerja dengan cara formal. Oleh karenanya Fakultas Kedokteran UNUSA terlibat dalam pelatihan keterampilan kesehatan dengan tujuan membekali para migran berbagai pengetahuan tentang kesehatan mereka dan lingkungan yang sulit agar tidak mengalami tekanan karena kondisi lingkungan yang tidak pasti dan masa depan tanpa jaminan.

    Beberapa tahun belakang banyak para migran yang masih berusia muda mendapat kesempatan mengikuti program pendidikan dengan batasan yang diberlakukan oleh PBB terkait pekerjaan formal untuk migran ini.






Referensi : 


Link blog mahasiswa baru lain : 

Salarasindahputri.blogspot

 

   Universitas  Unusa

Website

unusa.ac.id


Facebok

Instagram






 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Registrasi Administrasi Keuangan Dan Pengenalan Sistem Informasi Akademik

Pancasila Sebagai Dasar Pembangunan Indonesia Emas

Blessed Ramadhan