Mahasiswa Unusa Dalam Generasi Aswaja An-Nahdliyah

 



Materi 2 : KH. Reza Ahmad Zahid 


Ahlus Sunnah wal Jama'ah adalah Golongan yang berpegang teguh dengan Al-Qur'an dan sunnah serta pemahaman dan penerapan para sahabat dalam memahami dan mengamalkan Islam. Termasuk dalam golongan mereka para sahabat rosul, tabi'in, tabi'it tab' in, kaum ulama sunnah dan para pengikut mereka (dari semua lapisan umat) sampai hari kiamat. 

Sedangkan Nahdlatul Ulama adalah sebuah organisasi agama Islam yang mengikuti paham Ahlus Sunnah wal Jama'ah dan terbentuk pada tahun 16 Rojab 1341 / 31 Januari 1926 di Surabaya, yang lahir dari pesantren, pendirinya adalah KH. Hasyim Asv'ari beserta para kyai yang lainnya seperti KH. Abdul Wahab Hasbullah, KH. Bisri Syansuri, KH. Ridwan Abdullah, KH. Mas Alwi Abdul Aziz, dan lain sebagainya.


Nahdlatul Ulama sendiri memiliki Visi dan Misi. Visi NU yaitu Menjadi penyedia informasi ke-NU-an dan keislaman yang menyejukkan dan terpercaya. Sedangkan itu, Misi NU sebagai berikut : 


  1. Menjadi pilihan pertama untuk memperoleh informasi ke-NU-an dan keislaman yang terpercaya.
  2. Menghasilkan informasi yang menyejukkan dan mendorong sikap keagamaan yang berkeadilan, moderat, dan menghargai keberagaman.
  3. Menghasilkan produk informasi yang berkualitas.
  4. Menjadi ruang untuk mengembangkan sikap profesionalitas yang tinggi disertai semangat berkhidmah untuk umat dan bangsa.


Tradisi NU dalam Madzhab, secara spesifik, NU merumuskan Aswaja sebagai sebuah mazhab yang dalam berakidah mengikuti salah satu dari dua imam: Al-Asy'ari dan Al-Maturidi (Bukhara'); dalam ubudiyah mengikuti salah satu imam empat (Hanali, Maliki, Syafi'i dan Hambali), dan dalam bidang tasawul mengikuti salah satu dari dua imam Al-Junaidi atau Al-Ghazali.

EMPAT DASAR PRINSIP NAHDLATUL

ULAMA 


  • Tawassuth / Moderat
  • Tasamuh / Toleransi
  • I'tidal / Adil dan Tegak Lurus 
  • Tawazun / Keseimbangan


Link teman mahasiswa baru : SalarasIndahPutri



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Registrasi Administrasi Keuangan Dan Pengenalan Sistem Informasi Akademik

Pancasila Sebagai Dasar Pembangunan Indonesia Emas

Blessed Ramadhan